News Update

Cara Meningkatkan Literasi Digital: Jadi Bijak Berteknologi

Cara-Meningkatkan-Literasi-Digital

Tips cara meningkatkan literasi digital harus dimulai dari diri sendiri dalam penerapannya, dan inilah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan mulai sekarang.

Cara meningkatkan literasi digital merupakan prosedur atau teknik yang harus dipahami semua orang, terutama di era perkembangan teknologi secara pesat ini. Supaya semakin bijak dalam memanfaatkan teknologi, maka Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini supaya bisa memastikan bahwa pemahaman atas literasi digital semakin maksimal.

Cara Meningkatkan Literasi Digital

Yuk ketahui cara untuk meningkatkan literasi digital di bawah ini:

  • Mengikuti Kursus Online

Meskipun banyak orang yang merasa bahwa cara meningkatkan literasi digital lebih baik dilakukan secara mandiri atau otodidak, tetapi tak ada salahnya untuk mengikuti kursus online dari platform seperti Coursera, edX, atau Khan Academy untuk mempelajari keterampilan digital dasar hingga lanjutan, seperti cyber protection, penggunaan software, atau basic programming. Karena kemampuan digital memang seluas itu, tidak hanya soal memahami suatu konteks dari media digital saja tetapi juga ilmu tertentu.

  • Membaca Blog dan Artikel Teknologi

Sesuai dengan tujuannya, membaca blog dan artikel dari sumber terpercaya supaya bisa tetap melek perkembangan teknologi terbaru adalah langkah tepat untuk meningkatkan kemampuan digital. Karena memang sepenting itu sumber terpercaya berbasis digital yang tidak menulis berita atau fakta hoax, sehingga meningkatkan kesadaran jika nantinya ada info kurang berkualitas berseliweran.

  • Menggunakan Sosial Media Secara Bijak

Menggunakan platform sosial media seperti Twitter atau TikTok secara bijak adalah cara meningkatkan literasi digital paling penting, karena saat ini semua jenis perkembangan teknologi memang banyak ditemukan di sosmed. Sangat disarankan bagi Anda untuk mengikuti pakar teknologi dan diskusi tentang kemampuan digital dan keamanan internet yang tentunya banyak menawarkan ilmu gratis di bidang tersebut.

  • Berpartisipasi dalam Webinar dan Workshop

Investasi leher ke atas memang sangat menguntungkan, meskipun mungkin terasa melelahkan di awal, misalnya jika Anda menghadiri webinar dan workshop tentang kemampuan digital, keamanan siber, dan keterampilan digital lainnya yang diselenggarakan oleh organisasi atau institusi pendidikan. Namun tentu saja namanya investasi akan terasa dalam jangka lebih panjang, sehingga Anda hanya perlu menunggu sampai kesadaran dalam berteknologi semakin maksimal dimiliki.

  • Bergabung dengan Komunitas Digital

Komunikasi bersama orang-orang yang melek teknologi bisa dilakukan dengan bergabung ke komunitas online yang berfokus pada kemampuan digital, di mana para anggotanya takkan pelit ilmu dan siap untuk berbagi tips maupun informasi terbaru. Jadi, Anda bisa menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan fenomena digital baik secara langsung di grup maupun kepada salah satu member yang mungkin dirasa bisa menjawab pertanyaan tersebut.

  • Melihat Video yang Berhubungan dengan Literasi Digital

Cara meningkatkan literasi digital selanjutnya dapat Anda lakukan dengan menonton tutorial video tentang cara menggunakan software, aplikasi, atau teknologi baru untuk mengembangkan keterampilan digital secara aplikatif. Tentu saja, saat mempelajari sesuatu berdasarkan isi dari video, selain dapat disesuaikan waktunya terhadap keluangan, Anda juga bisa mengulang-ulang jika ada step terlewat, tanpa harus merasa malu atau canggung.

  • Rajin Membaca Buku Tutorial

Bagaimanapun juga, peran buku baik yang fisik maupun non fisik alias e-book memang tak tergantikan, sehingga untuk meningkatkan kemampuan digital Anda sangat dianjurkan untuk tak lupa membaca buku yang berfokus pada materi seputar untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam. Jika masih punya waktu luang, Anda juga bisa mencoba mengaplikasikan sistem pembelajaran interaktif untuk keterampilan bahasa atau pemrograman setelah membaca buku, supaya dapat langsung mencoba hasil dari pemahaman kemampuan digital secara menyenangkan dan efektif.

Kesimpulan

Ketika mencoba tips-tips di atas, maka Anda akan bisa lebih maksimal dalam menerapkan cara meningkatkan literasi digital. Di mana dampak positifnya yaitu Anda akan lebih siap menghadapi tantangan dan peluang di dunia digital.