News Update

7 Fungsi Seni Patung yang Menarik Diketahui

Fungsi-Seni-Patung

Terdapat berbagai fungsi seni patung yang perlu diketahui. Pasalnya, patung merupakan salah satu karya seni yang cukup digemari oleh kebanyakan orang. Selengkapnya, di sini.

Seni patung dapat diartikan sebagai seni rupa tiga dimensi yang dianggap mempunyai nilai-nilai khas, seperti nilai sejarah, budaya, hingga estetika. Karya seni ini mempunyai peran penting sebab menjadi medium dalam mengungkapkan sebuah pesan, memperingati sejarah, ataupun mengekspresikan diri. Lantas, apa saja fungsi seni patung?

Dalam pembuatan seni patung itu sendiri, umumnya menggunakan berbagai bahan guna menciptakan bentuk visual menarik. Namun, lebih dari menciptakan visual yang memukau, patung mempunyai berbagai fungsi tersendiri.

Fungsi Seni Patung

Dikutip dari buku berjudul Seni Rupa SMP: Seni Lukis, Seni Rupa Patung, Seni Grafis, dan Pameran karya Eighteen Salasi, patung didefinisikan sebagai sebuah karya seni yang menyerupai berbagai bentuk.

Umumnya, patung mempunyai nilai keindahan sehingga cukup banyak digemari. Dahulu, patung diciptakan dengan tujuan keagamaan. Sebagai contoh, ketika zaman Hindu dan Buddha, patung dijadikan media untuk menghormati dewa.

Nah, untuk memahami secara lebih jelasnya, inilah berbagai fungsi seni patung yang menarik diketahui, yaitu:

  1. Patung Monumen

Patung monumen diciptakan guna memperingati sebuah kondisi bersejarah. Banyak patung sengaja diciptakan guna menghormati banyak tokoh sejarah, peristiwa penting, ataupun mengenang momen besar bersejarah.

Selain sebagai pengingat, pembuatan patung monumen juga bertujuan untuk memberikan edukasi atau pengetahuan kepada generasi mendatang. Beberapa contoh patung monumen, yaitu Patung Liberty di Amerika Serikat dan Patung Jenderal Sudirman di Indonesia.

  1. Patung Keagamaan

Seni rupa patung juga terkadang dimanfaatkan guna keperluan spiritual. Contohnya, patung keagamaan dibuat sebagai sarana beribadah yang mempunyai makna atau nilai religius. Patung yang biasa digunakan pada agama tertentu ini mempunyai makna sakral. Selain itu, patung ini juga memiliki fungsi sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Tuhan.

Misalnya, dalam agama Hindu dan Buddha, terdapat patung berbagai dewa yang dimanfaatkan sebagai objek sembahyang. Di sisi lain, pada kepercayaan asli Nusantara, ada banyak arca leluhur yang digunakan pada ritual pemujaan.

  1. Patung Arsitektur

Fungsi seni rupa patung lainnya, yaitu menciptakan patung yang bernilai estetika. Umumnya, patung ini dimanfaatkan pada konstruksi dari sebuah bangunan agar tampak lebih indah.

  1. Patung Seni

Patung seni menggambarkan karya seni murni di mana patung ini mempunyai keindahan bentuk untuk dinikmati. Tanpa harus mempunyai nilai religius, simbolis, atau monumen tertentu, patung seni sering kali dibuat oleh para seniman guna mengekspresikan kreativitasnya. Biasanya, patung seni dipajang di tempat publik, misalnya museum.

  1. Patung Kerajinan

Patung ini sengaja diciptakan oleh para pengrajin dengan tujuan konsumerisme. Banyak pengrajin yang menjual hasil karyanya, baik di pasar lokal maupun internasional. Umumnya, patung kerajinan mempunyai nilai unik sehingga sering dicari dan diminati oleh kolektor seni.

Di berbagai daerah wisata, seperti Bali atau Yogyakarta, ada banyak patung kerajinan yang dijual dan menjadi produk unggulan. Patung ini biasa dijadikan sebagai cinderamata.

  1. Patung Interior

Patung interior ditempatkan di dalam suatu ruangan. Patung ini dimanfaatkan untuk menambah keindahan ruangan tersebut.

  1. Patung Eksterior

Patung eksterior diletakkan di luar ruangan. Umumnya, patung ini difungsikan guna menghias bangunan atau lingkungan sekitar, seperti taman rumah. Tujuannya hanya untuk menambah nilai estetika lingkungan.

Kesimpulan

Seni patung disukai kebanyakan orang. Umumnya, mereka akan mengoleksi berbagai patung yang mempunyai visual menarik dan mempunyai nilai estetika dengan tujuan menciptakan keindahan. Akan tetapi, ada sejumlah fungsi seni patung lainnya selain estetika sebagaimana disebutkan pada penjelasan di atas.