News Update

5 Cara Mencari Pekerjaan Lewat Internet Ini Dijamin Aman

Cara-Mencari-Pekerjaan-Lewat-Internet

Pusing hunting lowongan dan takut penipuan? Kini ada cara mencari pekerjaan lewat internet paling praktis, dijamin keamanannya dan banyak pilihan.

Setiap orang ingin dapat penghasilan setiap bulan. Tapi banyak juga merasa bingung apa saja lowongan yang tersedia beserta lokasinya. Tenang saja sekarang ada cara mencari pekerjaan lewat internet dan aman.

Pencari kerja hanya perlu mempersiapkan kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan beserta keahlian. Setelah itu siapkan perangkat digital entah komputer, laptop, tablet, smartphone.

Ibaratnya setiap individu hanya berbekal gawai sudah bisa menjaring pekerjaan yang cocok dengan bakat dan minat. Sekarang banyak sekali situs penyedia lowongan pekerjaan seperti: Glints, jobstreet, LinkedIn, dan lainnya.

Meskipun situs lowongan kerja tersedia bebas di internet, ada baiknya tetap waspada dan hati-hati terhadap penipuan yang berkedok tawaran pekerjaan. Nah, supaya terhindar dari hal tidak diinginkan, ada cara aman bisa diikuti siapa saja.

Cara Mencari Pekerjaan Lewat Internet

Daripada pusing dan ribet cari lowongan lewat koran dan sejenisnya. Yuk, ikuti cara mencari pekerjaan lewat internet berikut ini, langsung dapat sesuai keinginan, bukan tipu-tipu.

  • Website Penyedia Lowongan Kerja

Berbagai portal penyedia loker sekarang tumbuh subur di internet. Siapapun yang membutuhkan pekerjaan bisa langsung hunting melalui perangkat digital, hanya scrol dan pilih sesuai kriteria.

Berbagai macam situs penyedia layanan tersebut bisa jadi ada yang sudah familiar bagi pembaca antara lain: Glints, Indeed, JobStreet, Kita Lulus, LinkedIn, JobsDB dan banyak lagi.

Intinya saat menuju porta itu hendaknya filter yang benar-benar sesuai dengan kondisi dalam diri masing-masing. Jangan sampai hanya mengejar gaji tinggi, asal melamar namun tanpa punya kemampuan sesuai diminta pemberi kerja.

  • Grup Media Sosial

Cara mencari pekerjaan lewat internet berikutnya yaitu memanfaatkan grup atau kelompok yang biasa ada di media sosial, seperti Facebook, Instagram. Di sana biasanya ada banyak sekali loker yang sesuai keinginan.

Supaya tidak bingung tentang cara penggunaan grup medsos untuk keperluan mencari kerja. Di sini diberikan contoh untuk Facebook. Karena banyak sekali komunitas loker tersedia.

Caranya mudah banget, pertama gabung saja komunitas Fb, setelah itu kata kunci yang cocok untuk jenis pekerjaan sesuai keahlian dan pengalaman.

Kalau punya kemampuan mumpuni dalam bidang IT, bisa gabung pada grup yang sama dengan keahlian tersebut. Ada banyak peluang di sana.

  • Aplikasi Khusus Rekrutmen

Selain website, sekarang telah tersedia aplikasi atau platform penyedia berbagai loker. Dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang memudahkan para pencari kerja.

Seperti umumnya aplikasi lain, ketika akan menjadi pengguna aktif. Setiap individu diwajibkan untuk registrasi, buat akun dan mengisi profil sehingga terlihat profesional.

Ada beberapa aplikasi yang juga terhubung langsung dengan website pencari kerja contohnya Indeed, JobsDB, Top Karir, Glints.

  • Job Fair Online

Sekarang ada cara mencari pekerjaan lewat internet berbentuk job fair yang disediakan oleh Kemnaker. Pencari kerja bisa mudah mengikuti kegiatan tersebut tanpa ribet datang ke lokasi.

Langkahnya sangat mudah, hanya buka halaman google, setelah itu tulis bursa kerja online. Peserta akan diarahkan mengikuti berbagai tahapannya.

Uniknya lagi, siapa saja yang ingin ambil bagian dalam event ini tidak perlu datang ke lokasi. Namun secara virtual menggunakan zoom, google meet dan sejenisnya.

  • Website dan Medsos Perusahaan

Pencari kerja yang menginginkan kerja di tempat tertentu bisa juga langsung berkunjung di website resmi maupun media sosial suatu perusahaan. Disana biasanya tersedia beberapa posisi penting.

Namun perlu digaris bawahi juga bahwa pencari kerja harus mempersiapkan segala sesuatu dengan matang. Entah CV, portofolio dan apapun itu, karena biasanya terbatas.

Kesimpulan

5 cara mencari pekerjaan lewat internet tersebut semoga dapat membantu siapapun yang saat ini butuh pekerjaan. Saat melamar tetap disertai persiapan matang, jangan asal pilih. Job desk dan salary jadi pertimbangan tersendiri.