News Update

Beasiswa Kuliah Dari Pemerintah untuk Calon dan Mahasiswa

Beasiswa-Kuliah-Dari-Pemerintah

Prestasi beasiswa kuliah dari pemerintah adalah bantuan biaya pendidikan bagi seorang calon maba dan mahasiswa aktif. Yuk, simak selengkapnya disini.

Setiap tahunnya seringkali bantuan beasiswa kuliah dari pemerintah dikeluarkan untuk memberikan bantuan berupa dana kuliah yang digunakan oleh calon maba dan mahasiswa untuk membayar biaya perkuliahannya. Bantuan ini memiliki berbagai kategori, dimulai dari beasiswa prestasi atau beasiswa bagi yang kurang mampu.

Selain beasiswa yang diberikan secara cuma-cuma, ada juga beasiswa atau bantuan dana karena mahasiswa tersebut ingin mempunyai usaha tambahan atau bahkan dari lomba yang diadakan oleh pemerintah yang hadiahnya berupa uang tunai.
Berikut ini ada beberapa beasiswa kuliah dari pemerintah yang akan terus ada setiap tahunnya. Selain itu akan dijelaskan apa saja manfaat dari mengikuti beasiswa yang diadakan oleh pemerintah ini.

List Beasiswa Kuliah dari Pemerintah

  1. KIP-K

Program ini sudah berjalan dari tahun 2014, yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan untuk membantu teman-teman calon maba untuk mendapatkan bantuan dana kuliah. Untuk mendapatkan beasiswa ini anda harus melalui beberapa tahapan yang diminta, untuk lebih jelasnya langsung saja cek ke web kemendikbud.

  1. Beasiswa Unggulan

Beasiswa ini memiliki beberapa skema yang diberikan oleh Kemendikbud seperti.

  • Beasiswa Unggulan Pegawai Kementerian, ini untuk pegawai kementerian yang ingin melanjutkan pendidikan tingkat magister dan doktor.
  • Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, diberikan pada masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi. Program yang bisa diambil dimulai dari tingkat sarjana hingga doktor.
  • Beasiswa Unggulan Non-Gelar, kegiatan untuk mengikuti workshop, magang dan lain-lain.
  • Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas, beasiswa untuk tingkat S2 dan S3 bagi mahasiswa yang menyandang disabilitas, dan
  • Beasiswa Unggulan Penghargaan, penghargaan yang diberikan pemerintah melalui Presiden atau Menteri untuk pembiayaan pendidikan sampai tingkat S1.
  1. Beasiswa Pendidikan Indonesia

Beasiswa kuliah dari pemerintah ini dimulai pada tahun 2021. Beasiswa ini memiliki sasaran kepada para calon mahasiswa dan mahasiswa yang akan bergelut dibidang pendidikan Indonesia.

Program ini bisa didapatkan oleh mahasiswa S1, S2, dan S3 yang nantinya akan menjadi seorang guru setelah kelulusannya. Pantengin terus website kemendikbud bagi para calon guru masa depan Indonesia.

  1. Beasiswa LPDP

Beasiswa yang diberikan oleh Kemenkeu untuk calon-calon pemimpin masa depan Indonesia. Di dalam beasiswa ini terdapat berbagai macam program yang mampu mengasah skill para awardee nya.

  1. Beasiswa Indonesia Maju

Program beasiswa yang diberikan untuk peserta didik atau lulusan yang berprestasi pada bidang akademik dan non-akademik. Program beasiswa ini untuk jenjang pendidikan S1 dan S2.

  1. Beasiswa Kominfo

Beasiswa yang diberikan oleh Kementerian Kominfo untuk jenjang pendidikan S2 dalam dan luar negeri. Program ini memiliki sasaran kepada pegawai PNS, serta TNI/Polri dan juga masyarakat umum dari kalangan profesional maupun instansi swasta. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi web Beasiswa Kominfo.

Benefit Mengikuti Program Beasiswa

Selain mendapatkan bantuan dana pendidikan untuk jenjang S1 sampai S3, Mengikuti beasiswa kuliah dari pemerintah juga memiliki benefit yang sangat baik bagi diri kita ke depannya.

  • Mendapat Relasi

Saat mengikuti program beasiswa, biasanya kita akan mengikuti setiap rangkaian kegiatan yang diadakan oleh penyelenggara. Dari situ kita akan mendapatkan kenalan atau relasi dari luar kampus.

  • Mengasah Skill

Kita juga dapat mengasah hard skill dan soft skill yang kita miliki. Sehingga hal ini sangat bermanfaat untuk kita di kehidupan setelah lulus nantinya.

  • Mendapat Prospek Kerja yang Baik

Seringkali pihak penyelenggara beasiswa menarik para awardee nya untuk bekerja di tempat yang sama dengannya. Mereka cenderung melihat keahlian,keseriusan, dan keuletan dari diri kita. Maka dari itu mereka selalu menawarkan pekerjaan yang cocok dengan kemampuan kita.

Kesimpulan

Peluang kita untuk melanjutkan pendidikan sudah sangat besar, karena pemerintah memberikan bantuan pendidikan melalui beasiswa yang mereka selenggarakan. Sisanya tinggal bagaimana cara dan usaha kita untuk mendapatkan kesempatan itu.
Dari Beasiswa kuliah dari pemerintah juga banyak memberikan benefit bagi para awardee nya. Jadi jangan sampai ketinggalan informasinya, terus follow up sosial media dan website mereka. Semangat! Salam Pendidikan!