News Update

Sejarah IIQ An Nur Yogyakarta dan Keunggulannya

IIQ-An-Nur

Kampus iiq an nur yogyakarta ini fokusnya terhadap studi Al Qur’an. Di mana lembaga pendidikan tinggi Islam ini sangat terkemuka di Indonesia.

IIQ An Nur Yogyakarta ini fokusnya terhadap studi Al Qur’an. Di mana lembaga pendidikan tinggi Islam ini sangat terkemuka di Indonesia.

Institusi ini terkenal sekali dengan kontribusi dalam melahirkan hafiz Al Qur’an serta cendikiawan. Informasi kali ini akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan IIQ An Nur.

Sejarah IIQ An Nur Yogyakarta

Institut Ilmu al-Quran An-Nur Yogyakarta didirikan dengan tujuan untuk memperdalam ilmu Al-Quran dan menyebarluaskan pengetahuan tentang Islam. Institusi ini berdiri atas dasar kebutuhan masyarakat akan lembaga pendidikan.

Di mana mampu menghasilkan ulama yang ahli dalam bidang Al-Quran. Sejak berdiri, IIQ An-Nur telah berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan mengembangkan penelitian dalam studi Al-Quran.

  1. Program Akademik

IIQ An-Nur satu ini lebih fokus terhadap ilmu islam dan berbagai macam program akademik. Berikut ini sudah ada penjelasan terkait program studi dari instansi ini.

  • Sarjana Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Tujuan dari program ini untuk memberikan pemahaman mendalam terkait tafsir serta Al Qur’an demi menghasilkan sarjana berkualitas.

Cakupan kurikulum ini berkaitan dengan studi metode penafsiran, ilmu tafsir, dan sejarah penafsiran. Bahkan, menyediakan aplikasi Al-Quran dalam hidup sehari-hari.

  • Sarjana Pendidikan Agama Islam

Prodi ini akan menjadikan pendidikan agama Islam lebih berkontribusi dan mempersiapkan mahasiswa fokus terhadap pendidikan. Berfokus terhadap kurikulum pendidikan agama, pandangan Islam, serta metode pengajaran yang efektif.

  • Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir

Rancangan program magister di bidang studi dan tafsir Al-Quran bisa menghasilkan cendekiawan dengan keahlian khusus. Mahasiswa ini nantinya akan mempelajari metodologi tafsir, mendalami penelitian serta mengkaji berbagai macam sumber kontemporer beserta klasik.

  1. Fasilitas IIQ An Nur

IIQ An-Nur ini tersedia berbagai macam fasilitas untuk mendukung penelitian serta proses pembelajaran. Berikut fasilitas lengkap yang perlu calon pelajar ketahui, antara lain:

  • Perpustakaan

Perpustakaan IIQ sudah mempunyai banyak koleksi buku. Di mana buku yang tersedia berkaitan dengan tafsir, Al-Qur’an, hadits, fiqih, serta ilmu Islam lainnya.

Adapun fasilitas utama dari IIQ An Nur ini menjadikan dosen dan mahasiswa sebagai pusat sumber daya akademik. Hal ini tentu untuk bisa mendukung penelitian dan studi.

  • Laboratorium Bahasa

Bagi Mahasiswa laboratorium bahasa di sini telah menyediakan berbagai macam fasilitas. Terutama, untuk mempelajari bahasa lain dan bahasa Arab yang relevan. Selain itu, juga menawarkan pembelajaran materi audio visual serta perangkat lunak bahasa.

  • Asrama Mahasiswa

IIQ ini juga telah tersedia asrama, cocok sekali untuk mahasiswa yang asalnya dari luar kota Yogya. Asrama ini dibuat agar bisa menciptakan lingkungan ibadah serta belajar lebih kondusif.

  • Masjid

Di dalam kampus, masjid akan digunakan untuk kegiatan shalat Jumat, ibadah harian, serta berbagai macam kegiatan lainnya. Masjid ini juga sering mahasiswi jadikan untuk memperdalam pemahaman terkait praktik keagamaan dan Islam.

Keunggulan IIQ An-Nur Yogyakarta

IIQ An-Nur terkenal sekali menggunakan standar akademik tinggi. Pengajar yang ada di kampus juga ahli di bidangnya.
Hal ini karena sudah menyelesaikan program studi di universitas ternama di luar negeri maupun dalam negeri.

IIQ An-Nur ini juga telah menyediakan berbagai macam aktivitas ekstrakurikuler. Tujuannya secara holistik dapat mengembangkan potensi mahasiswa. Hal ini juga termasuk dalam kegiatan olahraga, seni, serta keagamaan.

Kesimpulan

Tujuan dari kampus ini untuk mendorong keterlibatan aktif mahasiswa. Melalui IIQ An Nur Yogyakarta, para mahasiswa akan mudah mendapatkan pengalaman yang tinggi.