News Update

Bidang Akademik Contohnya dalam Kehidupan Sekolah

Bidang-Akademik

Yuk, ketahui bidang akademik yang ada di dalam kehidupan sekolah, diantaranya: matematika, fisika, kimi, dan masih banyak lainnya. Simak di sini.

Bidang akademik contohnya dalam kehidupan sekolah sangat banyak. Sebagian besar materi pelajaran berupa hal-hal yang berkaitan dengan akademik.

Sebagaimana definisi secara umum, akademik adalah ilmu atau kemampuan yang berkaitan dengan ilmiah, teori, dan sesuatu yang bisa dinilai secara objektif.

Bidang Akademik dan Contohnya

Terdapat beberapa pendidikan akademik yang bisa digunakan sebagai acuan maupun referensi untuk mengenal dan memahami pendidikan akademik. Berikut contoh akademik, diantaranya:

  • Matematika

Matematika merupakan contoh pendidikan akademik yang ada di sekolah. Mulai dari jenjang Pendidikan dasar sampai perguruan tinggi selalu menyelipkan ilmu matematika.

Ilmu yang terkenal rumit dan sulit ini merupakan bagian dari ilmu umum yang wajib dipahami. Terutama pada perhitungan-perhitungan dasar, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Karena empat komponen tersebut diperlukan manusia dalam kehidupannya.

  • Kimia

Ilmu kimia juga tidak kalah penting untuk dipelajari. Dengan adanya ilmu kimia, obat-obatan bisa ditemukan, makanan bisa diawetkan, dan fenomena-fenomena alam yang dianggap memiliki nilai fungsi bisa dimanfaatkan.

Bidang akademik kimia secara khusus masuk materi pelajaran ketika SMP. Setelah itu dibahas lebih rinci dan detail ketika sudah Jenjang SMA.

Anak-anak yang suka dengan reaksi dan perubahan zat biasanya senang mempelajari dan mengotak-atik ilmu kimia lebih dalam dan luas.

  • Fisika

Bidang akademik Fisika merupakan bagian dari ilmu eksak yang mempelajari tentang fenomena gejala fisik dan alam yang ada di sekitar.

Ilmu fisika juga memiliki korelasi sangat dekat terkait memudahkan kehidupan manusia. Berkat perkembangan fisika, beberapa alat ditemukan. Seperti: lampu neon, Katrol, alat-alat rumah tangga seperti mesin cuci, dan masih banyak lainnya.

  • Biologi

Biologi merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang struktur dan anatomi makhluk hidup. Dengan perkembangan biologi banyak ditemukan rekayasa-rekayasa genetika, seperti pada tumbuhan. Dengan begitu tanaman menjadi lebih segar, subur, dan cepat berbuah.

Sedangkan dalam struktur organ manusia, dengan mengenal biologi manusia bisa tahu proses pembuatan manusia mulai dari sel sperma hingga lahir sebagai manusia.

  • Bahasa

Bahasa juga bagian dari akademik. Bahasa adalah alat komunikasi dan interaksi sosial yang utama. Dengan bahasa manusia lebih mudah menyampaikan informasi dan memahami pesan dari orang lain.

Selain itu juga mendukung perkembangan yang lebih melesat. Apalagi jika mengasah kemampuan berbahasa asing. Terutama bahasa Inggris.

  • Karya-karya Ilmiah

Bidang akademik selanjutnya yaitu karya ilmiah, seperti jornal, artikel yang bisa ditanggung jawabkan, skripsi, tesis, disertasi, essai, dan masih banyak lainnya.

Untuk bisa menghasilkan karya bagus perlu riset terkait data-data yang diperlukan. Selain itu melakukan analisa terkait hasil observasi. Dan yang tidak kalah penting menyusun dan mengelolanya dengan bahasa yang rapi dan enak dibaca.

Ilmu dasar yang perlu diperhatikan, diantaranya: penggunaan tanda baca, perpindahan paragraf atau alinea, dan lain-lain.

Contoh Prestasi Akademik

Setelah memahami tentang materi, perlombaan atau prestasi yang berkaitan dengan akademik juga banyak sekali. Beberapa diantaranya:

  • Lomba olimpiade Sains Nasional
  • Lomba pembuatan karya tulis ilmiah yang paling bagus opininya dan paling kuat data-datanya.
  • Lomba memahami anatomi tubuh manusia
  • Lomba olimpiade matematika
  • Lomba debat bahasa asing dan masih banyak lainnya

Penutup

Bidang akademik yang diuraikan di atas merupakan pelajaran akademik yang masuk di dalam kurikulum sekolah.